Laman

Kamis, 31 Maret 2016

Klasifikasi Pemilihan Media Pembelajaran



KLASIFIKASI PEMILIHAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN


Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengklasifikasi dan mengidentifikasi media. Menurut bentuk informasi yang digunakan, anda dapat memisahkan dan mengklasifikasi media penyaji dalam lima kelompok besar, yaitu media visual diam, media visual gerak, media audio, media audio visual diam, dan media audio visual gerak. Klasifikasi media ini dapat menjadi landasan untuk membedakan proses yang dipakai untuk menyajikan pesan, bagaimana suara dan atau gambar itu diterima, apakah melalui penglihatan langsung, proyeksi optik, proyeksi elektronik atau telekomunikasi.
      Klasifikasi sumber   belajar  tidak jauh berbeda dengan bentuknya. Klasifikasi sumber belajar menurut Degeng dalam Azhar Arshad (2006) adalah sebagai berikut:
1.      Pesan (Apa informasi yang ditransmisikan?)
2.      Orang (Siapa/Apakah yang melakukan transmisi?)
3.      Bahan (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
4.      Alat (Siapa/Apakah yang menyimpan informasi?)
5.      Teknik (Bagaimana informasi itu ditransmisikan?)
6.      Lingkungan/Latar (Di mana ditransmisikan?)
Sudjana dan Ahmad Rifa’i  mengklasifikasikan media menjadi dalam empat kelompok, yaitu media grafis (dua dimensi), misalnya gambar, foto, dan grafik. Media tiga dimensi, misalnya model susun dan model kerja.   Media proyeksi, misalnya OHP dan media lingkungan (alam).
Menurut R. Murry Thomas media pembelajaran diklasifikasikan berdasarkan jenjang pengalaman,  yaitu: 
(1) Pengalaman dari benda asli (reliefe experience), misalnya bola. 
(2) Pengalaman dari benda tiruan (sudstitude of reliefe experience) misalnya gambar dan foto. 
(3) Pengalaman dari kata-kata (word only), misalnya buku dan program radio.
                   Klasifikasi Media Pemebelajaran menurut Soeparno yaitu :
·         Klasifikasi media berdasarkan karakteristiknya, dibedakan menjadi: (a) media yang memiliki karakteristik tunggal, misalnya radio. (b) media yang memiliki karakteristik  ganda, misalnya film dan TV.
·         Klasifikasi media berdasarkan dimensi presentasi , yang dibedakan menjadi :  (a) Lama presentasi yaitu presentasi sekilas, misalnya TV, dan presentasi tak sekilas, misalnya OHP. (b) sifat presentasi yaitu presentasi kontinyu, misalnya TV, dan presentasi tak kontinyu, misalnya OHP.
·         Klasifikasi media berdasarkan pemakainya, dapat dibedakan menjadi  (a) berdasarkan jumlah pemakai, yaitu media untuk kelas besar, kelas kecil, dan belajar individual, (b) berdasarkan usia dan tingkat pendidikan pemakai, yaitu media untuk TK, SD, SMP, SMU, dan PT.
·         Klasifikasi media berdasarkan unsur pokok
Disini merupakan kelanjutan dari materi diatas yaitu klasifikasi media pembelajaran berdasarkan unsur pokok (persepsi indra), dimana klasifikasi ini merupakan semua media yang dapat dilihat maupun digunakan oleh panca indra manusia.
Pada umumnya berdasarkan unsur pokok atau indra yang dirangsanng media pembelajaran diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu:
A.    Media audio
Yaitu media yang pada saat di gunakan menghasilkan bunyi tertentu yang hanya bisa diterima melalui media pendengaran contohnya radio, Televisi dan Speaker. Contohnya yaitu radio, kaset, audio dan MP3.
B.     Media visual
Yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual menampilkan materinya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor, karena melalui media ini perangkat lunak (software) yang melengkapi alat proyeksi ini akan dihasilkan suatu bias cahaya atau gambar yang sesuai dengan materi yang diinginkan.
Contohnya  yaitu foto, gambar, poster, kartun, grafik dan lain-lain.
C.     Media audio-visual.
Yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar .Sehingga media audio-visual disebut juga sebagai media video.
Video merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran.Dalam media video terdapat dua unsur yang saling bersatu yaitu audio dan visual.Adanya unsur audio memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran, sedangkan unsur visual memungkinkan penciptaan pesan belajar melalui bentuk visualisasi.
Contohnya : film bersuara, video, televisi, sound slide, multimedia.
Dari pengelompokan ketiga pengelompokan ini dijabarkan lebih lanjut oleh sulaiman (2001) menjadi sepuluh macam, yaitu:
a.       Media audio; media yang menghasilkan bunyi, contoh radio
b.      Media visual; media visual dua dimensi dan media visual tiga dimensi
c.       Media audio- visual; yang dapat menghasilk an rupa dan suara dalam satu unit media
d.      Media audio motion visual; penggunan segala kemampuan audio dan visual dalam kelas,seperti televise
e.       Media audio still visual; media lengkap kecuali penampilan motion ( tidak memiliki gerak)
f.       Media audio semi- motion; media yang berkemam puan menampilkan titik-titik tetapi tidak bisa menstramisi secara utuh suatu motion yang nyata.
g.      Media motionvisual; silent film
h.      Media still visual; gambar, OHP
i.        Media audio; telepon, radio
j.        Media cetak;yang hanya menapilkan informasi berupa symbol- symbol tertentu, seperti buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar