SEJARAH
PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Definisi Media Pembelajaran, Media berasal dari kata
“Medium” yang berasal dari bahasa latin “Medius” yang berarti “tengah” atau
“sedang”. Pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan
informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan (Latuheru,
1988:9)
Menurut EACT yang dikutip oleh
Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses
penyaluran informasi”.Menurut McLuhan (dalam Sihkabuden, 1985:2) media
merupakan suatu sarana atau channel sebagai perantara antara pemberi pesan
kepada penerima pesan. Blacks dan Horalsen (dalam Sihkabuden, 1999:1) juga
mempunyai pendapat tentang media. Menurut mereka, media adalah saluran
komunikasi atau medium yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan suatu
pesan dimana medium itu merupakan jalan atau alat dengan suatu pesan berjalan
antara komunitor ke komunikan image.
Menurut Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4), Media merupakan
segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke
penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa
sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”. Definisi pembelajaran dapat
diartikan sebagai upaya untuk membelajarkan pebelajar.
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat
dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau
ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan,
manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk
menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan
sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam
bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Media Pembelajaran dirasa sangat
perlu demi kebaikan dan kelancaran kegiatan pembelajaran untuk tercapainya
tujuan pendidikan nasional. Semua hal yang dapat memberikan hal positif dalam
rangka penyaluran ilmu kepada siswa perlu dikerahkan.
Dengan menggunakan teknologi sebagai
media dalam pendidikan, kegiatan pembelajaran di kelas tampak lebih menarik dan
interaktif serta tanpa memberikan kesan membosankan. Contoh dalam hal ini
adalah dengan menggunakan media Proyektor (menggunakan Slide Powerpoint) yang
didalamnya terdapat macam-macam efek animatif yang bisa dipakai dalam pembelajaran
agar isi materi lebih menarik dan memudahkan siswa.
Dalam aspek media pembelajaran
sejarah, terdapat 12 jenis yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Contoh-contohnya adalah:
1) Peninggalan
sejarah
2) Model/
tiruan
3) Museum
4) Ruang
sejarah/ laboratorium
5) Media grafis : peta, bagan
6) Cetak : buku, modul, cerpen,
roman
7) Media
proyeksi : OHP, slide, film
8) Media
dengar/ audio : radio, tape recorder
9) Audio visual : slide suara, film, TV
10) Internet : website,
bog
11) Multimedia
12) Pelaku dan
saksi sejarah
Dari beberapa contoh media
pembelajaran untuk sejarah itu mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.
Untuk itu pengajar (guru) seharusnya dapat memilih yang tepat diantara 12 media
pembelajaran itu untuk memudahkan siswa dalam mencermati dan menerima materi
yang akan disampaikan oleh pengajar (guru).
1.
Peninggalan sejarah
peninggaln
sejarah ini sifatnya nyata dan bisa dibuktikan hingga sekarang. Jadi bisa
dikatakan ini sebagai media belajar yang tidak dapt diproyeksikan.
Manfaat
Peninggalan Sejarah :
a. Menambah kekayaan budaya bangsa
b. Menambah pendapatan negara
c. Bukti nyata peristiwa sejarah
d. Menambah pengetahuan tentang Sejarah
Kelebihan:
a. Dapat
mengetahui benda aslinya
b. Siswa lebih
mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
c. Memudahkan
siswa untuk mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan
sejarah
Kekurangan:
a. Tidak bisa
dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
b. Membutuhkan
biaya untuk bisa melihatnya
c. Tidak mampu
mewakili suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
d. Keutuhan dan
keasliannya tergantung perawatan
2.
Model/tiruan
Media ini merupakan media yang representasi atau pengganti
dari benda yang sesungguhnya.
Manfaat
Model/Tiruan :
a.
Meningkatkan motivasi siswa belajar
karena peraga dapat merangsang tumbuhnya perhatian serta mengembangkan keterampilan.
b.
Dapat menarik perhatian peserta
didik dengan melalui media pembelajaran model/tiruan.
c.
Dapat mengubah guru sebagai
transmisi yang berfungsi sebagai penghantar menjadi fasilitator, peraga membuat
siswa lebih aktif.
d.
Membuat siswa menjadi lebih aktif
berpikir dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis karena siswa tidak sekedar
mengingat dan mendengarkan, namun mengembangkan pikirannya dengan fakta.
Kelebihan
a)
Siswa seakan
– akan melihat benda yang nyata dengan media 3D.
b)
Menimbulkan
ketertarikan siswa untuk berfikir dan menyelidikinya.
c)
Pembelajaran
akan berjalan dengan lebih sempurna karena murid dapat belajar langsung dengan
menggunakan bahan-bahan replika atau mirip dengan aslinya.
d)
Murid dapat
memahami tentang sifat, bentuk serta pergerakan sesuatu benda itu dengan lebih
baik
e)
Memberi
pengalaman tentang keadaan sebenarnya sesuai bahan atau benda itu.
f)
Menggalakkan murid membuat kajian lebih lanjut mengenai pembelajaran
melalui media 3D
g)
Memberi lebih banyak peluang kepada murid berinteraksi diantara satu sama
lain.
Kekurangan
a.
Biaya
pembuatannya mahal dan membutuhkan banyak waktu.
b.
Membutuhkan
ketrampilan dalam pembuatannya.
c.
Siswa tidak
akan memahami jika bentuk media 3D tidak sama dengan benda nyatanya.
d.
Terbentur
alat untuk membuat media 3D(sulit mencari atau pembuatannya
3.
Museum
Media ini digunakan untuk melihat atau
mengidentifikasi sesuatu yang dianggap telah lampau. Di dalam museum peserta
didik dapat membandingkan dan lebih bisa menilai benda tersebut dari segi yang
berbeda
Manfaat
Museum, yaitu:
a. Melakukan pengumpulan, perawatan,
pengawetan dan penyajian benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah
b. Menyebarluaskan hasil penelitian koleksi benda yang mempunyai
nilai budaya dan ilmiah
c. Melakukan bimbingan edukatif
cultural dan penyajian rekreatif benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah
Kelebihan:
a. Harga tiket masuk yang murah
b. Adanya berbagai macam variasi objek
di museum yang lengkap
c. Fasilitas yang disediakan lengkap
d. Ruangan museum bersih dan sejuk
e. Lingkungan sekitar museum bersih dan
terawat
Kekurangan:
a. Ruangan
museum yang panas dan kurangnya penerangan
b. Objek yang
ada di museum tidak bervariasi dan tidak lengkap
c. Fasilitas
yang ada di museum tidak lengkap
d. Lingkungan
di sekitar museum kotor
e. Taman yang
tidak terawat
4.
Ruang sejarah/ laboratorium
Menurut
Widja (1989: 70) menyebutnya dengan "Ruang Sejarah", yaitu suatu
ruangan khusus yang merupakan tempat peragaan dan pemantapan pelajaran sejarah.
Tempat ini bukan sekedar berfungsi memperagakan benda-benda sejarah, namun
lebih dari itu adalah tempat pemantapan pelajaran sejarah sebab, di situ
termasuk juga kegiatankegiatan yang memungkinkan murid menghayati arti sejarah
secara lebih mendalam. Harus diakui bahwa, jenis media ini memang masih
tergolong ideal.
Manfaat
Ruang Sejarah/ Laboratorium, yaitu:
a. Sebagai tempat untuk melatih
mengembangkan ketrampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan,
dan mengkaji gejala-gejala lain.
b. Mengembangkan ketrampilan motorik
dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan
kebenaran
c. Memupuk rasa ingin tahu siswa
sebagai modal sikap ilmiwah seorang ilmuwan.
Kelebihan:
a.
Peserta
didik dapat berganti situasi baru
b. Situasi pembelajaran
biasanya lebih menyenangkan
c.
Peserta
didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat
untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia
Kekurangan:
a)
Memerlukan dana yang tinggi, juga
barangkali dipandang belum perlu
b)
Belum tentu ruang laboratorium lebih
menyenangkan
c)
Sering ada peserta didik lain yang
lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium
ᐈ Why Gambling Sites are Best - ChoEgoCasino
BalasHapusGambling sites are the best choice for gambling punters. This is because they're a great worrione place to 카지노 start, especially when it comes to what makes them งานออนไลน์ so