Laman

Kamis, 31 Maret 2016

Sejarah Perkembangan Media Pembelajaran



SEJARAH PERKEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Definisi Media Pembelajaran, Media berasal dari kata “Medium” yang berasal dari bahasa latin “Medius” yang berarti “tengah” atau “sedang”. Pengertian media mengarah pada sesuatu yang mengantar/meneruskan informasi (pesan) antara sumber (pemberi pesan) dan penerima pesan (Latuheru, 1988:9)
Menurut EACT yang dikutip oleh Rohani (1997 : 2) “media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi”.Menurut McLuhan (dalam Sihkabuden, 1985:2) media merupakan suatu sarana atau channel sebagai perantara antara pemberi pesan kepada penerima pesan. Blacks dan Horalsen (dalam Sihkabuden, 1999:1) juga mempunyai pendapat tentang media. Menurut mereka, media adalah saluran komunikasi atau medium yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan suatu pesan dimana medium itu merupakan jalan atau alat dengan suatu pesan berjalan antara komunitor ke komunikan image.
Menurut Purnamawati dan Eldarni (2001 : 4), Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar”. Definisi pembelajaran dapat diartikan sebagai upaya untuk membelajarkan pebelajar.
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar  sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
Sedangkan menurut Briggs (1977) media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Kemudian menurut National Education Associaton(1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras.
Media Pembelajaran dirasa sangat perlu demi kebaikan dan kelancaran kegiatan pembelajaran untuk tercapainya tujuan pendidikan nasional. Semua hal yang dapat memberikan hal positif dalam rangka penyaluran ilmu kepada siswa perlu dikerahkan.
Dengan menggunakan teknologi sebagai media dalam pendidikan, kegiatan pembelajaran di kelas tampak lebih menarik dan interaktif serta tanpa memberikan kesan membosankan. Contoh dalam hal ini adalah dengan menggunakan media Proyektor (menggunakan Slide Powerpoint) yang didalamnya terdapat macam-macam efek animatif yang bisa dipakai dalam pembelajaran agar isi materi lebih menarik dan memudahkan siswa.
Dalam aspek media pembelajaran sejarah, terdapat 12 jenis yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Contoh-contohnya adalah:
1)      Peninggalan sejarah
2)      Model/ tiruan
3)      Museum
4)      Ruang sejarah/ laboratorium
5)      Media grafis                : peta, bagan
6)      Cetak                          : buku, modul, cerpen, roman
7)      Media proyeksi           : OHP, slide, film
8)      Media dengar/ audio   : radio, tape recorder
9)      Audio visual               : slide suara, film, TV
10)  Internet                                   : website, bog
11)  Multimedia
12)  Pelaku dan saksi sejarah
Dari beberapa contoh media pembelajaran untuk sejarah itu mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Untuk itu pengajar (guru) seharusnya dapat memilih yang tepat diantara 12 media pembelajaran itu untuk memudahkan siswa dalam mencermati dan menerima materi yang akan disampaikan oleh pengajar (guru).
1.                  Peninggalan sejarah
peninggaln sejarah ini sifatnya nyata dan bisa dibuktikan hingga sekarang. Jadi bisa dikatakan ini sebagai media belajar yang tidak dapt diproyeksikan.
Manfaat Peninggalan Sejarah :
a.       Menambah kekayaan budaya bangsa
b.      Menambah pendapatan negara
c.       Bukti nyata peristiwa sejarah
d.      Menambah pengetahuan tentang Sejarah

Kelebihan:
a.    Dapat mengetahui benda aslinya
b.    Siswa lebih mudah mengapresiasi dan menilai suatu karya sejarah
c.    Memudahkan siswa untuk mensimulasi sendiri suatu peristiwa sejarah melalui peninggalan sejarah
Kekurangan:
a.    Tidak bisa dibawa kedalam kelas untuk dipamerkan kepada siswa
b.    Membutuhkan biaya untuk bisa melihatnya
c.    Tidak mampu mewakili suatu peristiwa sejarah secara keseluruhan
d.   Keutuhan dan keasliannya tergantung perawatan

2.                  Model/tiruan
Media ini merupakan media yang representasi atau pengganti dari benda yang sesungguhnya.
Manfaat Model/Tiruan :
a.    Meningkatkan motivasi siswa belajar karena peraga dapat merangsang tumbuhnya perhatian serta mengembangkan keterampilan.
b.    Dapat menarik perhatian peserta didik dengan melalui media pembelajaran model/tiruan.
c.    Dapat mengubah guru sebagai transmisi yang berfungsi sebagai penghantar menjadi fasilitator, peraga membuat siswa lebih aktif.
d.   Membuat siswa menjadi lebih aktif berpikir dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis karena siswa tidak sekedar mengingat dan mendengarkan, namun mengembangkan pikirannya dengan fakta.

Kelebihan
a)             Siswa seakan – akan melihat benda yang nyata dengan media 3D.
b)             Menimbulkan ketertarikan siswa untuk berfikir dan menyelidikinya.
c)             Pembelajaran akan berjalan dengan lebih sempurna karena murid dapat belajar langsung dengan menggunakan bahan-bahan replika atau mirip dengan aslinya.
d)            Murid dapat memahami tentang sifat, bentuk serta pergerakan sesuatu benda itu dengan lebih baik
e)             Memberi pengalaman tentang keadaan sebenarnya sesuai bahan atau benda itu.
f)              Menggalakkan murid membuat kajian lebih lanjut mengenai pembelajaran melalui media 3D
g)             Memberi lebih banyak peluang kepada murid berinteraksi diantara satu sama lain.

Kekurangan
a.         Biaya pembuatannya mahal dan membutuhkan banyak waktu.
b.         Membutuhkan ketrampilan dalam pembuatannya.
c.         Siswa tidak akan memahami jika bentuk media 3D tidak sama dengan benda nyatanya.
d.        Terbentur alat untuk membuat media 3D(sulit mencari atau pembuatannya

3.                  Museum
Media ini digunakan untuk melihat atau mengidentifikasi sesuatu yang dianggap telah lampau. Di dalam museum peserta didik dapat membandingkan dan lebih bisa menilai benda tersebut dari segi yang berbeda
Manfaat Museum, yaitu:
a.       Melakukan pengumpulan, perawatan, pengawetan dan penyajian benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah
b.      Menyebarluaskan  hasil penelitian koleksi benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah
c.       Melakukan bimbingan edukatif cultural dan penyajian rekreatif benda yang mempunyai nilai budaya dan ilmiah

Kelebihan:
a.    Harga tiket masuk yang murah
b.    Adanya berbagai macam variasi objek di museum yang lengkap
c.    Fasilitas yang disediakan lengkap
d.   Ruangan museum bersih dan sejuk
e.    Lingkungan sekitar museum bersih dan terawat

Kekurangan:
a.    Ruangan museum yang panas dan kurangnya penerangan
b.    Objek yang ada di museum tidak bervariasi dan tidak lengkap
c.    Fasilitas yang ada di museum tidak lengkap
d.   Lingkungan di sekitar museum kotor
e.    Taman yang tidak terawat

4.                  Ruang sejarah/ laboratorium
Menurut Widja (1989: 70) menyebutnya dengan "Ruang Sejarah", yaitu suatu ruangan khusus yang merupakan tempat peragaan dan pemantapan pelajaran sejarah. Tempat ini bukan sekedar berfungsi memperagakan benda-benda sejarah, namun lebih dari itu adalah tempat pemantapan pelajaran sejarah sebab, di situ termasuk juga kegiatankegiatan yang memungkinkan murid menghayati arti sejarah secara lebih mendalam. Harus diakui bahwa, jenis media ini memang masih tergolong ideal.

Manfaat Ruang Sejarah/ Laboratorium, yaitu:
a.       Sebagai tempat untuk melatih mengembangkan ketrampilan intelektual melalui kegiatan pengamatan, pencatatan, dan mengkaji gejala-gejala lain.
b.      Mengembangkan ketrampilan motorik dalam mempergunakan alat-alat media yang tersedia untuk mencari dan menemukan kebenaran
c.       Memupuk rasa ingin tahu siswa sebagai modal sikap ilmiwah seorang ilmuwan.

Kelebihan:
a.   Peserta didik dapat berganti situasi baru
b.    Situasi pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
c.   Peserta didik dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk mengambilnya karena memang sudah tersedia
Kekurangan:
a)    Memerlukan dana yang tinggi, juga barangkali dipandang belum perlu
b)   Belum tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
c)    Sering ada peserta didik lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di laboratorium

1 komentar:

  1. ᐈ Why Gambling Sites are Best - ChoEgoCasino
    Gambling sites are the best choice for gambling punters. This is because they're a great worrione place to 카지노 start, especially when it comes to what makes them งานออนไลน์ so

    BalasHapus